7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Blog

7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Blog - Ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum agan membuat blog. Beberapa dari agan mungkin hanya asal membuat blog tanpa merencanakan apa yang akan di bagikan nantinya di blog agan. Ibarat membangun sebuah rumah tentunya kita harus mempersiapkannya matang-matang, seperti mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat rumah, luas, denah, lingkungan sekitar, dan lain-lain. Tentunya agar rumah yang kita impikan sesuai dengan apa yang di harapkan. Puas dengan hasil yang dikerjakan.


Begitupun dalam hal membuat blog, tanpa rencana yang matang blog hanya akan kandas ditengah jalan tanpa kejelasan. Dengan rencana yang matang, kita akan jadi lebih mudah mengelolanya. oke kita langsung saja, saya akan memberikan beberapa panduan tentang apa yang harus dipersiapkan sebelum membuat sebuah blog.

Berikut 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog:

1. Niatkan Diri Agan
 
Banyak orang yang memulai di dunia blogging tanpa didasari niat yang kuat. Maka dari itu sobat harus punya niat yang kuat terlebih dahulu untuk memulai sesuatu didunia blogging. Karna dengan niat yang kuat agan akan lebih percaya diri dan tidak mudah putus asa dan berusaha lebih giat nantinya.
Selanjutnya agan harus menentukan tujuan sobat membuat sebuah blog. Apakah agan ingin mengasah kemampuan kemampuan menulis, berdakwah, menyalurkan hobi, berbagi pengalaman, ilmu dan lain-lain. Yang pasti niat dan tujuan agan adalah hal yang positif, yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

2. Perbanyak Membaca Tutorial

Ini adalah hal yang saya lakukan sebelum saya akan membuat blog, karna tanpa membaca tutorial-tutorial blog yang ada di internet seperti tidak punya pengetahuan dasar-dasarnya.
Silakan agan cari tutorial-tutorial yang ada di internet, selain bertujuan untuk menemukan ide baru juga bisa sebagai referensi agan dalam hal menulis artikel yang baik.

3. Menentukan Niche atau Topik Blog

Menentukan Niche Topik Blog

Menentukan Niche atau Topik Blog sangatlah penting, karna ini yang akan jadi pondasi agan tentang apa yang akan agan tuangkan ke dalam blog agan.
Tentukanlah Topik apa yang akan agan bagikan nantinya, misalnya: Topik tentang kesehatan, politik, komputer, kuliner, otomotif, bisnis online, dan lain sebagainya. Ingat, pilihlah satu saja topik yang agan anggap sangat mengusainya dibidang itu, karna tanpa menguasai apa yang agan tulis di blog pasti rasanya akan sangat membosankan dan bikin malas menulis. Selain itu dengan menguasai apa yang agan sampaikan, juga akan memberikan kemudahan dalam menemukan ide postingan di kemudian nantinya.

4. Menentukan Platform

Wordpress atau Blogspot

Menentukan Platform juga penting, memilih platform yang baik juga akan menghasilkan blog yang berkualitas nantinya.
Banyak platform blog gratis yang ada di internet, seperti blogspot, wordpress, blogdetik, dan lain sebagainya. Namun saya sarankan menggunakan blogspot untuk yang gratis, karna banyak kemudahan fitur didalamnya. Menggunakan blogspot juga akan memudahkan agan dalam menghubungkan produk google gratis lainnya, seperti google analytics, google web master tool, sampai dengan google adsense untuk mencari penghasilan lewat blog.
Untuk wordpress saya sarankan jangan menggunakan wordpress gratisan, karna fiturnya sedikit dan dibatasi, gunakanlah wordpress berbayar, karna fiturnya sangat lengkap bahkan lebih lengkap dari blogspot. Akan tetapi yang penting adalah kenyamanan masing-masing dalam menulis artikel dan kemudahan dalam menggunakannya.

5. Menentukan Url/Alamat Domain Blog

Pikirkanlah matang-matang dalam menentukan url/alamat blog. Buatlah url/alamat yang mengandung kata kunci/keyword yang agan bidik, misalnya: cara-membuat-blog.blogspot.com, tutorial-web-desain.blogspot.com. Atau kalau tidak mudah, karna sudah dipakai orang lain, saran saya buatlah alamat blog yang mudah diingat orang, yang dimana pengunjung akan datang kembali. contohnya seperti alamat blog ini :p
Coba pikirkanlah alamat yang bagus, sebelum alamat yang bagus tersebut di ambil orang.

6. Menentukan Template Blog

Template Blogspot SEO Friendly

Template itu ibarat sebuah desain rumah, template harus lah membuat pengunjung nyaman dan betah. Dengan template yang nyaman, akan memungkinkan pengunjung untuk datang kembali.
Perlu diingat, pakailah template yang ringan, loadingnya cepat, tidak menggunakan banyak warna yang banyak dan aneh, gunakanlah warna universal yang banyak orang suka, agar pengunjung nyaman dan betah. Saran saya gunakanlah template SEO friendly yang banyak bertebaran di internet, agan bisa mendownloadnya dengan mengetikan kata kunci 'download template blogspot SEO Friendly' di google search.

7. Menyiapkan Beberapa Artikel

Siapkanlah beberapa artikel sebelum anda membuat blog, sebagai artikel perdana yang akan agan posting setelah selesai membuat blog. Tidak usah banyak-banyak, cukuplah 3 artikel perdana, dimana 3 artikel tersebut mempunyai link yang saling berkaitan. saya yakin ketika agan membuat artikel agan akan menemukan ide artikel apa yang akan agan selanjutnya tulis. Bahkan mungkin bukan hanya 3 artikel saja, agan bisa membuatnya lebih banyak jika mampu.
Tapi perlu diingat, buatlah artikel atau konten yang berkualitas dan bermanfaat buat orang banyak, di usahakan jangan copy paste. Kalaupun agan terpaksa copy paste, jangan di publish mentah-mentah, tulis ulang artikel tersebut dengan kata-kata agan sendiri.

Artikel perdana ini mungkin sudah banyak blog yang membahasnya, namun penulis mencoba membuka blog ini dengan artikel diatas dengan tujuan pembaca mengerti apa yang harus dilakukan sebelum membuat blog dan tidak asal membuat blog. Semoga apa yang saya bagi ini bisa bermanfaat buat pembaca. Salam. 

Postingan terkait: